Rabu, 01 November 2017

Tugas Softskill Sistem Informasi Psikologi : Computer Based Information System (CBIS)


A. Computer Based Information System (CBIS) 






1.      Definisi Computer based information system
Computer based information system (CBIS) adalah sistem informasi untuk pemerosesan dan penyebaan informasi yang mengandalkan peranti keras dan lunak komputer.  (Laudon. K & Laudon. J, 2008)
Sedangkan menurut Normah, (2017) Computer Based Information system (CBIS) merupakan sistem pengelola data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.





2.    Evolusi CBIS
Menurut Wulandari,(2012) Sub sistem dari CBIS terbagi menjadi lima, yaitu: 

a)    Sistem Informasi Akutansi (SIA)
SIA lebih berorientasi pada data dibandingkan pada informasi, wwalaupun ada beberapa informasi yang dihasilkan. SIA menyediakan database bagi sistem informasi lain. SIA adalah satu-satunya sistem informasi yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi untuk seluruh lingkungan kecuali pesaing. Tugas utama sistem informasi ini adalah pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data, dan menyediakan dokumen.
·         Peran SIA dalam CBIS :
1)   SIA menghasilkan beberapa ouput informasi dalam bentuk laporan akutansi standar.
2)   SIA menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.

b)   Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersedia dalam laporan periodik, laporan khusus, dan hasil simulasi matematika, output informasi tersebut digunakan manajer saat mereka membuat keputusan untuk pemecahan masalah merupakan sistem atau mekanisme yang memungkinkan kita untuk mendapat informasi manajemen. SIM dan SIA menggunakan data yang disediakan SIA dalam database, dan informasi lain yang berasal dari lingkungan. Isi dari database tersebut digunakan oleh software untuk membuat laporan periodik dan laporan khusus, serta model matematika untuk mensimulasikan aspek operasi perusahan. Berbeda dengan SIA, SIM tidak berkewajiban menyediakan informasi bagi lingkungan. 

c)    Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang yang ada. 

d)   Automatis Kantor
Automasi kantor kini disebut dengan istilah kantor virtual, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang –orang didalam maupun diluar perusahaan. Pengguna OA dibagi menjadi empat kategori yaitu:
      • Manajer, yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya perusahaan
      • Profesional, tidak mengelola tetapi menyumbangkan keahlian khusus yang  membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi. 
      • Sekretaris,ditugaskan untuk membantu pekerja terdidik (Manajer & Profesional) untuk melaksanakan berbagai tugas korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan. 
      • Pegawai Administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengioperasikan mesin fotokopi, menyususn dokumen, menyimpan dokumen, dan mengirim surat.

e)    Sistem Pakar
Sistem pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari pemecahannya itu sendiri.



Sumber :

Laudon, K.C & Laudo, J.P. (2008). Sistem informasi manajemen edisi sepuluh. Jakarta: Penerbit salemba empat
Normah. (2017). Komunikasi data bisnis dan keuangan berbasis CBIS menggunakan zahir accounting. Jurnal computer and information tecnology.Vol 12. No 1. Hal 38-45.
Wulandari, D. I. (2016). Computer based information system (CBIS) sistem informasi berbasi komputer. Retrieved januari 2017, 20, fromwww.academic.edu:http://www.academia.edu/8122880/Computer_based_information_system_CBIS_sistem_informasi_berbasis_komputer.



0 komentar:

Posting Komentar